3 Mesin Pencari yang Paling Mengerti Kamu Selain Google

Inilah 3 Mesin Pencari (Search Engine) yang Paling Mengerti Kamu Selain Google

Kebanyakan mesin pencari atau search engines seperti Google, Bing, dan Yahoo menawarkan cara cepat untuk menemukan informasi. Banyak mesin pencari dapat menangkap informasi pribadi, riwayat yang Kamu cari, lokasi fisik, dan alamat IP Kamu untuk berbagai keperluan pihak ketiga.

Jika kamu ingin menjaga privasimu saat menggunakan mesin pencari, solusinya adalah dengan menggunakan Anonymous Search Engines atau Non-Traficking Search Engines. Berikut ini adalah 3 mesin mencari yang bisa menjaga privasi kamu saat berselancar di dunia maya.

1. DuckDuckGo

duckduckgo search engine

Namanya mungkin terdengar seperti salah satu tokoh kartun, tapi DuckDuckGo merupakan mesin pencari secara anonim yang dibangun oleh Gabriel Weinberg di tahun 2008. Kelebihan utama yang mereka tekankan adalah menghargai privasi pengguna mereka. Terlepas dari hal ini, berbagai hasil pencarian mereka didapatkan dari berbagai sumber ditambah dengan crawler web mereka sendiri yang dinamakan DuckDuckBot.

Secara sekilas, DuckDuckGo adalah mesin pencari yang serupa dengan mesin pencari lainnya. Namun ada alasan mengapa mesin pencari ini lebih baik dibanding mesin pencari lainnya. Beberapa alasannya adalah iklan yang jauh lebih sedikit, pencarian informasi yang terkadang jauh lebih baik dan kurangnya redundansi (pengulangan).

2. Startpage

startpage search engine

Diluncurkan pada tahun 2005, Startpage adalah pencarian anonim lain yang harus Kamu pertimbangkan jika kamu tidak suka informasi pribadimu dicatat secara online. Perusahaan ini mulai menghapus semua file log yang diadakan informasi pribadi pada awal 2006. Sebelum tahun 2009, mereka berhenti merekam alamat IP dari para penggunanya. Kamu dapat memanfaatkan Ixquick server proxy Startpage untuk menggunakan internet secara anonim.

3. Ixquick

ixquick search engine

Ixquick mengklaim sebagai situs web pertama yang tidak merekam alamat IP pengguna mereka. Mereka telah melakukan ini sejak Januari 2009. Mereka juga memberikan jaminan bahwa setiap informasi yang ditangkap oleh situs web mereka tidak akan dibagi dengan pihak ketiga.

Mesin pencari ini memperkenalkan lebih banyak fitur yang melindungi privasi pengguna. Pada tahun 2008, situs itu dianugerahi European Privacy Seal dari European Data Protection, sehingga menjadi mesin pencari pertama yang disetujui oleh European Union atau Uni Eropa.

Untuk tetap menjaga privasi kamu, cobalah salah satu dari ketiga mesin pencari tersebut. Apa kamu tahu mesin pencari apa lagi yang menjaga privasimu? Komentar di bawah ya.

3 Mesin Pencari Selain Google

Labels: , , ,

Posting Komentar

[blogger][disqus]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Saung Unduh. Diberdayakan oleh Blogger.